Berbagi Pengetahuan Seputar Bisnis Online, Blog, Komputer, Hardware, Software, Jaringan Komputer, dan Internet.

Wednesday, December 26, 2012

Modal Dasar Memulai Bisnis Online




Sedemikian mudahnya orang yang menjalankan bisnis di internet. Meski demikian Mungkin banyak yang belum mengetahui, bagaimana prosedur menjalankan bisnis online? Berikut adalah tips dan cara untuk bisa berbisnis online
  • Rekening bank terkemuka.
Ini sangat wajib dimiliki oleh seorang pebisnis online agar cara bisnis dapat berhasil. Jika seorang pebisnis online tak punya rekening pribadi, akan sulit ketika menerima pembayaran dari konsumen yang melakukan pembelian produk/jasa yang dijual. Maka, seorang pebisnis online paling tidak harus punya beberapa rekening Bank yang banyak digunakan di Indonesia, disarankan, paling tidak harus punya rekening Bank BCA, Bank Mandiri & Bank BNI. Karena ketiga bank tersebut merupakan Bank yang paling banyak digunakan di Indonesia.
  • Web Hosting & Domain.
Web hosting dan domain diperlukan seseorang jika ingin memulai bisnis online dengan website sendiri, bukan menjual barang di situs/forum jual beli seperti yang disebutkan diatas. Keuntungan jika punya situs pribadi adalah, kita lebih leluasa untuk mengatur bagaimana barang atau jasa yang kita jual ditawarkan ke konsumen, kita juga bisa mengatur tampilan toko online sesuai dengan keinginan kita. Sedangkan kerugian jika punya situs pribadi yaitu kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa web hosting & domain yang biaya nya sekitar Rp.200rb pertahun.
  • Reputasi yang baik.
Reputasi baik menjadi tolak ukur seorang pebisnis online di mata para konsumen dan semakin baik reputasi pebisnis online, maka semakin banyak orang yang percaya kepada dia dan membeli produk atau jasa yang ia tawarkan. Bagaimana mendapatkan reputasi yang baik? Tentunya kita harus memberikan pelayanan prima kepada konsumen, buat ia merasa sepuas mungkin, jangan sampai ia merasa menyesal membeli produk atau jasa yang kita jual. Setelah itu, mintalah testimoni kepada si konsumen tersebut, tapi tanpa paksaan, suka rela saja, testimoni dari pelanggan yang terpuaskan akan bisa meningkatkan level kepercayaan calon pembeli kita. Maka, usahakan buat halaman khusus testimonial pada situs toko online kita.

Ketiga hal tersebut merupakan modal pokok yang mendasar sebelum anda memulai bisnis online anda.

No comments:

Post a Comment