Berbagi Pengetahuan Seputar Bisnis Online, Blog, Komputer, Hardware, Software, Jaringan Komputer, dan Internet.

Friday, September 14, 2012

Cara Membuat Bootable Flashdisk Linux dengan UnetBootin



UnetBootin adalah aplikasi open source yang berfungsi membuat bootable Live USB untuk berbagai distribusi Linux. Sehingga kita bisa menjalankan linux langsung dari USB Flashdisk untuk melakukan instalasi Distro Linux ke Komputer/Netbook yang tidak terpasang Drive Optic CD/DVD, kelebihan lainnya adalah kita bisa mencoba Distro Linux tanpa memerlukan hardisk dan tidak mengganggu sistem atau data yang ada di hardisk. Aplikasi ini bisa dijalankan di Windows 2000/XP/Vista atau linux. Selain itu, kita juga bisa menambahkan berbagai plugins lainnya. Lebih lanjut  tentang cara penambahan plugins, bisa dibaca di http://unetbootin.wiki.sourceforge.net/useplugin

UnetBootin menyediakan fitur untuk langsung download Linux dari internet atau menggunakan file ISO (CD Image) yang sebelumnya sudah kita unduh. Flashdisk yang diperlukan berukuran minimal 1 GB atau lebih besar dan menggunakan format file system FAT32. Untuk Sistem Operasi Windows Aplikasi ini tidak perlu di install, tetapi bisa langsung dijalankan saja.

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk membuat bootable Live USB Distro Linux diantaranya:
  1. Flashdisk minimal 1 GB atau lebih besar lebih baik.
  2. ISO/CD distro Linux yang harus Anda Unduh terlebih dulu bagi yang belum (pada contoh dibawah saya pakai Ubuntu 11.04).
  3. Unetbootin yang bisa Anda Unduh di situs resminya berikut ini: http://unetbootin.sourceforge.net/

Pertama Format Flashdisk Anda dengan jenis FAT32, jika Anda memakai Flashdisk yang sudah ada isinya, silakan backup dulu isinya ke hardisk atau ke media penyimpan data lainnya, kemudian format flashdisk Anda.


Jalankan file unetbootin-windows-581.exe telah Anda Unduh sebelumnya.





















Setelah itu akan keluar tampilan Unetbootin.  Karena kita akan membuat Live USB dengan menggunakan ISO Distro Linux yang sudah kita Unduh sebelumnya, maka klik saja menu “Diskimage” jangan lupa perhatikan juga bagian “Type” pastikan disitu sudah benar pilih “USB Drive” begitupun pada bagian “Drive” Anda harus benar-benar diperhatikan jangan sampai salah pada Flashdisk lainnya yang terpasang pada komputer (jika hanya 1 Flashdisk maka kemungkinan tidak akan salah).
 















Lakukan pencarian pada folder kita meletakkan File ISO Distro Linux yang telah kita miliki, setelah ketemu klik “Open” jika keluar tampilan seperti saat pertama kita menjalankan Unetbootin klik saja “Ok”.















Kemudian akan tampil halaman proses Ekstrak ISO Distro Linux tersebut ke dalam Flashdisk yang kita miliki, lama proses yang dibutuhkan tergantung dari spesifikasi komputer yang kita miliki.













Akhirnya Proses pembuatan Live USB pada Flashdisk selesai. Jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan dengan menggunakan OS yang sekarang Anda pakai silakan klik “Exit” tapi kalau Anda sudah tidak sabar untuk mencoba Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan klik “Reboot Now” maka secara otomatis Komputer akan restart.














Sekarang Flashdisk sudah siap digunakan untuk Menginstal Linux Ubuntu 11.04 di laptop/komputer Anda. Untuk dapat melakukan install lewat flashdik dengan bootable USB Linux Ubuntu yang sudah Anda buat, anda harus menyetting BIOS pada laptop atau komputer anda supaya bootingnya lewat Flasdisk. yaitu dengan menekan F2 (di netbook axioo yang saya praktikkan) saat laptop/komputer anda proses Start Booting, lalu menuju menu Boot - Pilih USB Flashdisk anda. Setelah selesai, Tekan F10 untuk keluar dan menyimpan Setting perubahan tadi. Lalu laptop akan restart dan setelah itu akan booting dari flashdik yang sudah berisi installer Linux Ubuntu 11.04.

13 comments:

  1. Terimakasih gan tutorial di artikelnya bermanfaat

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

    ReplyDelete
  2. flashdisk sya kok tdk bisa diformat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba flashdisknya diformat secara manual dulu, kalau diformat secara manual tidak bisa, berarti flahdisknya sudah rusak. Tapi kalau diformat manual bisa, berarti flashdisk masih bagus dan bisa dipakai, coba dikoreksi lagi mungkin langkahnya ada yang salah atau ada yang kurang.

      Salam Blogger...

      Delete
  3. Terima kasih, Kang. Artikel ini sangat gamblang sehingga mudah diberikan kepada orang awam yang tanya soal bagaimana bakar ISO ke flash disk. Jelas dengan gambargambar dan urut. Saya mohon artikel yang gamblang seperti ini diperbanyak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk sarannya, insya Allah ke depan akan saya tambah artikel-artikelnya.

      Delete
  4. mantap gan , ndak ada cdrw external , flasdisk pun jadi , praktis murah meriah , siap di praktekkan , coba lubuntu ah pakai flasdisk

    ReplyDelete
  5. makasih agan, putunjuknya sangat membantu, sekali coba langsung sukses

    ReplyDelete
  6. makasih agan, penjelasannya mudah dimengerti. semoga agan bisa semakin banyak sharing ilmu2 bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Thx Gan...Sangat membantu..ijin copy

    ReplyDelete