Berbagi Pengetahuan Seputar Bisnis Online, Blog, Komputer, Hardware, Software, Jaringan Komputer, dan Internet.

Thursday, March 7, 2013

Cara Menghapus Broken Link Menggunakan Google Webmaster Tool


Apa itu Broken Link?
Ketika  Anda membutuhkan suatu informasi, kemudian mengklik sebuah link lalu Anda mendapatkan pemberitahuan 404 page not found.  Bagaimana perasaan Anda? Kecewa , jengkel atau marah? Mungkin itu adalah reaksi ketika Anda  menemukan broken link.

Broken link terjadi karena adanya postingan di blog kita yang sudah kita hapus dengan alasan tertentu, tetapi postingan yang kita hapus dari blogger tersebut linknya masih terindex di google atau belum terhapus sepenuhnya dari search engine google. Maka dari itu kita harus menghapus bersih semua broken link sepenuhnya hingga postingan kita itu benar-benar terhapus.
Sebagai mesin pencari terbesar dan nomor satu di dunia serta memiliki otoritas yang sangat tinggi, Google menyediakan alat yang sangat penting di gunakan untuk menemukan dan memperbaiki broken link di web/blog Anda yaitu Google Webmaster Tool. Hasil diagnose dari Google Webmaster Tool terpercaya dan bisa di pertanggungjawabkan.

Cara menggunakan Google Webmaster Tool?
Untuk bisa menggunakan Google Webmaster Tool Anda harus memiliki akun di google. Jika belum silahkan buat akun dulu. Anda bisa membuatnya di Google Webmaster Tool. Setelah itu baru lakukan verifikasi web atau blog Anda . Web atau blog yang terverifikasi akan terdaftar di  Google Webmaster Tool. Setelah itu Anda masuk di Google Webmaster Tool.
Pilih blog yang ingin di periksa kesehatannya, Google Webmaster Tool (GWT) tidak menggunakan istilah broken link tetapi  “Crawl errors” yaitu kesalahan perayapan halaman web atau blog oleh laba-laba pencari google.  Artinya  suatu kondisi dimana crawler google akan berhenti merayapi suatu halaman jika link kehalaman tersebut mengalami kerusakan atau putus  ( broken link ) atau Crawl errors .  Penggunaan istilah broken link dan crawl errors satu sama lain tetap relefan.

Berikut contoh kasus pada Domain 78


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara menemukan dan menghapus broken link atau crawl erros URL dengan menggunakan google webmaster tool, berikut ini langkah-langkahnya:

1.      Dari halaman GWT silahkan klik Web/blog yang ingin di periksa broken linknya.
 
2.    Dari halaman yang terbuka ini anda sudah dapat melihat informasi umum dari web/blog anda, termasuk jumlah link rusak/ crawl errors. Tetapi anda belum bisa melihat secara spesifik url yang mengalami kerusakan. Seperti pada tampilan dibawah ini:
 3.     Selanjutnya Klik Health>Crawl  Errors ( menu di sebelah kiri ) dan hasilnya adalah :
Tampilah data perayapan selama 90 hari terakhir, termasuk jumlah url yang tidak di temukan ( URLs Not found ). Jika tabel tidak berisi url yang mengalami errors ( not found ) silahkan klik kata Not found di atas. Jika anda ingin melihat detail ( Errors detail , in site map, sumber link ) dari url yang salah di rayapi tersebut silahkan klik URL di dalam daftar. Seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

 
kemudian akan keluar tampilan seperti berikut:
 
klik Linked from dan hasilnya akan tampil seperti pada gambar dibawah ini:

 Ini sekedar keterangan tambahan untuk url yang bermsalah 

 
4.   Klik download ke google doc untuk mempermudah mengelolah masing-masing URL yang mengalami masalah. Apalagi jika URL yang mengalami kesalahan jumlahnya cukup banyak. Seperti pada gambar berikut:
 
Kemudian pilih Google Docs seperti berikut:
 
Selanjutnya akan tampil seperti ini:

 
5.     Selanjutnya Klik Optimazion >remove URLs   tempatnya ada di sebelah kiri. Hasilnya tampak seperti ini :


6.  Klik  create a new removal reguest.  Copy URL  yang telah di download tersebut kemudian masukkan di form permintaan penghapusan URL kemudian klik continue


7.      Selanjutnya muncul halaman konfirmasi penghapusan :


Pada form reason terdapat 3 pilihan yitu :
a.       Hapus halaman dari hasil pencarian dan cache
b.      Hapus halaman hanya dari cache
c.       Menghapus direktori

Pilih yang pertama saja kemudian klik saja tombol Submit Reguest untuk mengirim permintaan penghapusan hasilnya adalah di dalam  tabel muncul url yang telah di hapus  dan konfirmasi seperti ini:


Artinya sukses mengirim permintaan penghapusan url yang salah di rayapi oleh laba-laba mesin pencari google.  URL yang telah diproses tersebut masih dalam status pending ( jadi belum langsung di hapus ) status akan berupa jika google benar-benar sudah menghapusnya. Dan google akan mengirim pemberitahuan ke email  terhadap perubahan status tersebut. Jika anda ingin menambahkan url yang mau di hapus masukkan lagi url ke dalam form tersebut klik continue.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca Domain 78. Selanjutnya saya berharap umpan balik dari Anda setelah membaca postingan di atas.

4 comments:

  1. kalo broken linknya ribuan cara nghapusnya gimana sob? apa harus 1 per 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus seperti ini saya belum pernah ngalami gan, mungkin temen2 ada yang punya masukan, saya tunggu sharingnya...

      Delete
  2. punya saya ratusan, saya hapus dengan cara diatas. thanks atas tipsnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... senang bisa membantu...

      Delete