Berbagi Pengetahuan Seputar Bisnis Online, Blog, Komputer, Hardware, Software, Jaringan Komputer, dan Internet.

Saturday, September 8, 2012

Mendeteksi Kerusakan Hardware pada PC dengan Mengenali Bunyi Beep














Hardware adalah perangkat keras yang ada pada komputer, misalnya RAM, Motherboad, Hardisk, dsb. Ada berbagai cara untuk mengetahui kerusakan hardware pada komputer. kali ini saya akan membahas masalah pendeteksian kerusakan hardware dengan cara yang paling mudah yaitu dengan mengenali bunyi beep yang keluar dari cpu kita, karena secara umum motherboad sekarang sudah dilengkapi monitoring speaker untuk beep. Berikut macam-macam bunyi beep dan indikasi hardware yang rusak :
  1. Bunyi (beep) pendek 1 kali, berarti komputer anda dalam keadaan normal atau sehat-sehat saja. Jika bunyi terdengar tetapi PC tidak juga menyala, langkah yang pertama harus anda lakukan adalah cek kabel VGA yang terhubung antara CPU dengan monitor, apakah sudah  terpasang dengan benar, atau coba cek monitor anda, apakah monitor anda sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Sebaliknya, jika komputer berhasil menyala tetapi tidak ada suara ‘beep’ sebelumnya, coba cek internal speaker pada motherboard anda, atau cek motherboard atau bila perlu silahkan cek setingan pada bios anda.
  2. Bunyi (beep) pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS. Coba anda reset CMOS dengan mencabut jumper pada dan pasang pada pin 2-3 lalu pasang lagi seperti awal pada clear CMOS kemudian booting ulang. Atau bisa dengan melepas baterai CMOS.
  3. Bunyi (beep) panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada perangkat keras, seperti Motherboard atau Memory (RAM) anda, coba cek ulang apakah kedua perangkat tersebut masih bisa berfungsi/terpasang dengan baik atau tidak.
  4. Bunyi (beep) panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
  5. Bunyi (beep) panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard, coba cek keyboard anda, atau coba kencangkan sambungan kabel dari keyboard yang biasanya terpasang ke port serial, ps2, ataupun usb.
  6. Bunyi (beep) panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS. ROM adalah Read Only Memory.
  7. Bunyi (beep) panjang terus-menerus, artinya ada masalah di Memory anda silakan cek kembali apakah RAM terpasang dengan benar atau kemungkinan RAM yang terpasang tidak sesuai dengan motjerboad kamu.
  8. Bunyi (beep) pendek terus-menerus, berarti ada masalah penerimaan tegangan (power).
  9. Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi (beep) beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu panas.
Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, senang bisa berbagi dan membantu

      Delete