Berbagi Pengetahuan Seputar Bisnis Online, Blog, Komputer, Hardware, Software, Jaringan Komputer, dan Internet.

Friday, September 7, 2012

Tips Mendeteksi Kerusakan pada PC dan Cara Memperbaikinya




















Kerusakan pada PC (Personal Computer) sangat beragam dan bervariasi, untuk itu kita harus mengetahui letak kerusakan pada computer. Kali ini saya akan membahas tips mengetahui kerusakan pada PC dan cara mengatasinya/memperbaikinya. Sebelum memperbaiki kerusakan pada PC kita harus mengetahui kerusakan pada PC tersebut. Ada dua jenis kerusakan pada PC yaitu kerusakan sofware dan kerusakan hardware.

1.      Kerusakan software 
     Pertama kerusakan pada software ini bisa disebabkan oleh virus, atau karena file sitemnya ada yang hilang. Kerusakan sofware termasuk kerusakan yang ringan biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Semua komponen komputer masih bisa menyala, namun tidak bisa masuk ke windows/Sistem Operasi.
  • Bila muncul tulisan dimonitor insert system disk, coba kencangkan kabel hard disknya biasanya disebabkan karena kabel hard disk yang kendor. Bila belum bisa berarti sistemnya rusak dan langkah memperbaikinya adalah diinstal ulang Sistem Operasinya.
  • Bila muncul Sistem32 missing berarti filenya ada yang hilang dan solusinya juga harus diinstal ulang Sistem Operasinya.

2.      Keruskan hardware

·         KERUSAKAN PADA POWER SUPPLY
Biasanya komputer tidak bisa menyala sama sekali, coba periksa semua kabel power apakah sudah terhubung dengan listrik dengan baik, periksa tombol swich dibelakang cpu pada posisi on atau tidak, cek kabel powernya bagus atau tidak, bila sudah dicek semua yang saya sebutkan diatas tadi dan PC belum bias menyala maka kemungkinan yang terjadi adalah power supplynya rusak dan harus diganti yang baru.

·         KERUSAKAN PADA MOTHER BOARD
Ciri-cirinya biasanya setelah PC dihidupkan tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

·         KERUSAKAN PADA VGA DAN MONITOR
Cirinya adalah komputer menyala namun tidak ada tampilan pada monitor, terdengar bunyi beeb ketika dinyalakan. Kemungkina rusaknya pada VGA atau bisa juga pada monitor coba tes dengan VGA atau Monitor teman yang masih berfungsi.

·         KERUSAKAN PADA Hard Disk
Ciri-cirinya komputer bisa menyala tapi tidak bisa masuk ke windows dan hard disk tidak terdeteksi, coba kencangkan kabel hard disknya.

·         KERUSAKAN PADA RAM
Ciri-cirinya komputer bisa menyala, tidak bisa masuk ke windows dan tidak ada bunyi beeb.

Intinya sebelum kita memperbaiki komputer terlebih dahulu kita harus mengetahui kerusakannya, bisa dilakukan dengan cara try and error (coba-coba dengan komponen komputer lain yang masih bisa digunakan dan mempunyai tipe komponen yang sama). Bila komputer anda masih bisa menyala namun tidak bisa masuk ke windows berarti kemungkinan komputer anda masih aman dan kemungkinan besar yang rukak pada Sistem Operasinya atau ada hardware yang kabelnya tidak kencang/ kendor pemasanganya.

Semoga bermanfaat!

5 comments:

  1. pc kl mau direstart gk mau nyala lagi itu apa mslhnya ?
    trus kl mau dishutdown jg,mati sih mati, tp mesin tetep nyala, itu apanya yg rusak dan mhn solusinya, makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo aq sendiri belum pernah nemui yang seperti itu, coba aja installernya dijalankan lagi kemudian direpair (klo pakai windows)

      Delete
  2. Jngan Lupa Singgah Gan , , , :)

    http://ahmadpchealt.blogspot.com/2013/01/troubleshooting-komputer-dan-solusinya.html

    ReplyDelete
  3. gan komputer ane kok aneh udah tak nyalain kok di monitor ga ada tampilan bios sama sekali padahal lampu indikator power menyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba motherboardnya diperiksa, kalau bisa diperiksakan pada orang yang expert. silahkan kalo ada saran yang lain dari teman2 bloggger...

      Delete